Home » Book Reviews » 5 star review » Have A Little Faith – Mitch Albom

Have A Little Faith – Mitch Albom

Have a Little Faith (Sadarlah)Have a Little Faith by Mitch Albom
My rating: 5 of 5 stars

Ini buku Mitch Albom pertama yg kubaca, yang langsung membuatku jatuh cinta 🙂

Tokoh utama dalam kisah ini adalah 2 orang pemimpin agama yg berbeda, Rabbi Albert Lewis dan Pastor Henry Covington. Kedua orang ini memberikan yang terbaik dari apa yang mereka yakini, dan walaupun keyakinan mereka berbeda, kita bisa merasakan bahwa pesan yang mereka bawa itu sama, yaitu kebaikan dan cinta kasih tanpa pandang bulu.

Orang-orang yang berpikir bahwa mereka bisa menghakimi orang lain dari keyakinan atau agama mereka harus membaca buku ini, supaya mereka mengerti bahwa Tuhan telah memberikan kepada manusia suatu itikad baik untuk melakukan segala hal, tidak peduli kepada siapa atau apa keyakinannya ditujukan.

Kamu dapat menjadi seorang Kristen, Muslim, Yahudi, Buddha dan lain-lain tetapi kamu masih mempunyai itikad baik itu di dalam dirimu. Tuhan juga memberi kita kehendak bebas yang membebaskan kita untuk memilih, apakah kita mau menggunakan itikad baik itu atau tidak.

Kamu mungkin meyakini bahwa keyakinanmu adalah yg paling benar dari segala keyakinan yg lain, tapi apakah itu berarti kamu tidak dapat mengasihi atau menyadari keberadaan orang lain sama seperti dirimu sendiri? Apakah itu berarti bahwa orang-orang yang tidak punya keyakinan yg sama denganmu semuanya buruk dan jahat?

Siapa yang meyakini yang benar, dan siapa yang akan pergi ke surga, mungkin kita tak akan pernah tahu. Tetapi seperti yang telah ditunjukkan secara brilian oleh Mr. Albom dalam buku ini, kamu bisa memilih untuk berbuat kebaikan kepada orang lain, tak peduli latar belakang mereka, dan kamu dapat melakukannya tanpa mengharapkan upah apapun, hanya karena kesadaran bahwa kamu adalah suatu makhluk ilahi (Godly creature) yang dinamakan manusia.

View all my reviews

Softcover, 284 pages
Published November 2009 by Gramedia Pustaka Utama (first published September 16th 2009)
Literary Awards: Michigan Notable Book (2010)
Price: IDR 40,000

Advertisements

One thought on “Have A Little Faith – Mitch Albom

  1. Pertama kali liat buku ini -lupa-lupa ingat- antara ketemu di blog seseorang atau di toko buku. Yang jelas, buku tersebut membekas di benakku bahkan masuk ke dalam wish listku. Nggak gampang nemu buku-buku yang udah lewat tahun di kota tempat tinggalku. Tapi, siapa tahu, kalau jodoh, aku bisa menemukan dan membawanya pulang.
    Have a little faith karya Mitch Albom mengajak pembacanya untuk bersikap welas asih, menerapkan semangat filantropi dalam setiap jengkal kehidupannya. Spirit yang sepertinya sulit untuk diajakratakan kepada semua orang di zaman serba sulit sekarang ini. Zaman di mana orang begitu mudah dipancing emosinya, begitu gampang kehilangan kesabaran, begitu mudah menghilangkan nyawa orang lain. Hukum toleransi pun terpinggirkan.
    Makanya aku pengin sekali, suatu hari nanti bisa mendapatkan Have a little faith. Yah, dengan membaca buku ini, ada pembaca yang disadarkan. Pun ketika Mitch Albom menyebar pemikirannya lewat karya kreatifnya dan karya tersebut dibaca sebanyak-banyak manusia di muka bumi ini, semoga saja banyak manusia yang terselamatkan. Dibuka matanya lebar-lebar dan hatinya sedalam-dalamnya. Memberi ruang untuk sejenak berpikir akan pentingnya toleransi, kebersamaan, dan hidup di dalam ruang kemanusiaan. Karena kita adalah manusia.
    Ratri | @ratweezia

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s