Home » Book Reviews » 5 star review » The Secret Garden – Frances Hodgson Burnett

The Secret Garden – Frances Hodgson Burnett

Taman Rahasia (The Secret Garden)Taman Rahasia by Frances Hodgson Burnett
My rating: 5 of 5 stars

The Secret Garden adalah suatu karya klasik yang timeless, dan meskipun ini buku anak-anak, orang dewasapun sangat boleh untuk membacanya. Karena nggak cuma memuat dalamnya pikiran seorang anak, tetapi buku seperti ini membuatmu berhenti dan mengambil napas dalam-dalam, untuk sejenak melupakan bahwa kamu berada di tengah-tengah kehidupan kota yg sibuk atau apalah ;-P, dan tiba-tiba kamu berada di taman, dengan Mary, Dickon, dan Colin.

Sejenak kamu bisa merasakan hembusan angin padang moor dan mencium wangi mawar. Buku ini memberikan penghargaan terhadap keajaiban alam dan persahabatan. Bahwa hal-hal yang paling pahit dan kecut bisa berubah, seperti Mary, Colin, dan Lord Craven berubah dalam kisah ini.

Bahayanya adalah, buku ini memberi suatu gagasan, suatu keyakinan akan kekuatan yg disebut ”Sihir”, yg bertanggung jawab atas segala keajaiban yang terjadi di taman dan di dalam diri mereka sendiri.
Orang-orang dewasa yang lebih mengerti, setelah tahu bahwa anak-anak pun menyadari ada suatu kuasa yang bekerja dalam kehidupan, dan mungkin mereka tidak tahu apa namanya, rasanya kita bertanggung jawab untuk mengarahkan mereka, jika kita tidak mau mereka mengucapkan syukur kepada ”Sihir”, kepada mawar atau angin.

Oh ya, jauh sebelum saya membaca bukunya, saya udah menonton filmnya duluan dan menyukainya. Bagian favoritku dalam film yaitu di akhir film, ketika Mary berkata ”Colin has learned to laugh and I learned to cry.” Paradoks yang menarik, menurutku.
Agak kaget juga ketika membaca bukunya dan menemukan banyak sekali perbedaan antara buku dan film, misalnya di dalam film ibu Mary dan ibu Colin adalah saudara kembar, tapi ternyata dalam buku tidak begitu.
Terlepas dari semuanya itu, saya masih berpendapat bahwa buku ini layak mendapatkan apresiasi karena penulis telah menorehkan “keajaiban” dengan caranya sendiri.

View all my reviews

Softcover, 320 pages
Published March 2010 by Gramedia Pustaka Utama (first published 1909)
Price: IDR 35,000

Advertisements

9 thoughts on “The Secret Garden – Frances Hodgson Burnett

  1. waaah saya juga sangat menyukai Taman Rahasia, saat pameran buku beberapa waktu lalu, aku melihat buku itu duduk manis di rak, tertarik dan akhirnya menjadi salah satu koleksi kecilku..tapi belum nonton filmnya…yaa…I like this! 😀

  2. Pingback: My Favorite Classic Book: The Classics Club August meme | Surgabukuku

  3. kak mau coment ya ^^ aku kayaknya jatuh cinta deh sama ni buku , bukunya keren banget menceritakan dunia keajabaian , taman rahasia dan bener2 jauh dari seluk beluk suasana perkotaan 😀 sementara di buku lain mungkin banyak yang mengambil setting perkotaan dan kehidupan sehari-hari manusia, tapi buku ini beda ia membawa pembaca masuk ke dunia imajinasi sihir dan membuat mereka berkhayal tentang keindahan taman itu pokoknya keren deh filmnya juga bagus banget 🙂 cuman aku belum punya bukunya karena mahal hiks T,T

    tapi keren sumpah kak bukunya :0 review buku-buku tentang shir atau keajaaiban lagi yaa kak ^_^ ditunggu Good Luck

  4. kuputuskan buat komen di postingan ini, karena :
    1. Aku udah baca tapi mandek (?) di tengah-tengah.
    2. Belum sempet ngelanjutin baca, bukunya udah dibalikin pula ke perpus 😀

    Sebenernya aku pilih buku ini agak implusif (cover lust) soalnya sampulnya lucu, lagian aku juga suka fantasi (sebenernya asal comol aja sih). Agak sayang juga karena udah baca hampir separuh lebih tapi rasa bosannya pas baca bener-bener gak tertahankan. Aku gak bilang buku ini jelek, seharusnya buku ini bagus banget. Tapi karena preferensi orang beda-beda.. yah.. hehe..

    Aku udah bikin janji sama diriku sendiri kalo next time aku nemu buku ini, di toko buku/perpus, bakalan kubeli dan kubaca sampai habis. Hehehe.

    Sasya.

  5. weleh2 seperti apa nih mbak buku yg bisa buat genre anak tapi bisa dibaca sm,a genre dewasa juga hhhee
    penasaran lhee

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s