Home » Book Reviews » 3 star review » The Five People You Meet in Heaven – Mitch Albom

The Five People You Meet in Heaven – Mitch Albom

The Five People You Meet in Heaven - Meniti BianglalaThe Five People You Meet in Heaven – Meniti Bianglala by Mitch Albom
My rating: 3 of 5 stars

Seperti judulnya, buku ini berkisah tentang pertemuan seorang yg telah mati dengan 5 orang berbeda di “surga”. Tapi entah mengapa judul terjemahan Indonesianya jadi “Meniti Bianglala” bukannya “5 Orang Yang Kautemui di Surga”. Judul kedua kurang menarik kali ya ;P

Dan sama seperti buku Mitch Albom yg pernah saya baca sebelumnya, Have a Little Faith: The Story of a Last Request, penggalan-penggalan dalam buku ini dibuat pendek-pendek dan dengan alur maju mundur. Bagi beberapa orang yang tidak suka “menyatukan kepingan-kepingan puzzle”, mungkin agak kurang nyaman membaca buku seperti ini.

Yang paling saya sukai dari buku ini tentu saja kekayaan imajinasi Mr Albom dalam merangkai kisah, mengembangkan karakter Eddie dan karakter2 lain, membuat setting “surga” versi dirinya, dan pelajaran-pelajaran dari kelima orang yang ditemui Eddie di “surga”.

Pelajaran-pelajaran tersebut, walaupun mungkin sudah sering sekali kita dengar, tetaplah pelajaran-pelajaran yg baik untuk diingat kembali, karena jujur saja, kita sering “lupa” makna hidup, dan makna menjadi bagian dari umat manusia.

Bagaimanapun, pertanyaan terakhir yang membekas ketika saya selesai membaca buku ini, adalah “Mengapa Eddie diberikan pelajaran-pelajaran itu ketika ia sudah mati? Bukankah mestinya seorang manusia memperoleh pelajaran2 ttg hidup sebelum ia tiada, supaya ia sadar betul bahwa ia berarti, bahwa ia disayangi, dan akhirnya memanfaatkan setiap helaan nafasnya dengan penuh rasa syukur?” 🙂

View all my reviews

Paperback, 204 pages
Published 2005 by Gramedia Pustaka Utama (first published 2003)
Price IDR 33.000

6 thoughts on “The Five People You Meet in Heaven – Mitch Albom

  1. Pingback: [Review] The Time Keeper « Surgabukuku

  2. Salah satu buku terjemahan ya bun?
    Kisah bukunya mengingatkan aku pada novelnya Tere Liye yang Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Bedanya, si Ray dalam novel itu masih dalam keadaan koma. Dalam keadaan koma itu, dalem mimpinya ia dipertemukan seorang malaikat yang bisa menjawab segala pertanyaan kehidupannya. Hehehe overall aku suka dg gaya seperti ini. Setidaknya memberi kita pelajaran buat yang masih hidup agar lebih banyak bersyukur ^_^

  3. Aku punya buku ini tapi belum dibaca. Albom memang suka menjamah ranah kematian ya di bukunya. Aku baru baca Have a Little Faith and Tuesdays with Morrie, juga temanya kematian. Yang aku petik dari buku2nya Albom adalah: seize the day. Jangan sampai menyesal. Moga2 tahun ini bisa baca buku ini.

  4. Buku ini adalah buku kedua dari Mitch Albom setelah Tuesday With Morrie. Remah hikmah di dalam buku ini berasa renyah dengan cerita yang “nendang”. Saat ini masih merangkak menyelesaikan Have a Little Faith. 🙂

  5. aku suka banget sama buku ini… buku pertama (tapi blum ada buku yang selanjutnya 😀 ) yang aku baca dari pengarang Mitch Albom…

    aku bacanya udah lama banget, waktu itu blum kenal yang namanya review buku, jadi setelah selesai baca buku ini… karena sangat tergugah, aku nulis “5 people I’ll meet in Heaven” versi aku… hehe… sayang tulisan itu entah keselip dimana… kaya’nya sih gak kebuang… andai ketemu, nanti akan aku salin dan pajang di blog… 😉

    tentang kenapa pelajarannya setelah meninggal? hhhmmm… I didn’t saw it that way… I always think Eddie did lived his fullest life, though maybe Eddie kind of in doubt, while meeting the 5 people, they’re showing how was Eddie bring good to them… the wisdom is we’ll never know what kind of goodness we might bring to other people… well… that’s what I thought…

What do you think?

