Home » Book Reviews » 3 star review » The Wizard of Oz – L. Frank Baum

The Wizard of Oz – L. Frank Baum

The Wizard of Oz (Oz, #1)The Wizard of Oz by L. Frank Baum

My rating: 3 of 5 stars

Kisah fantasi anak-anak yg sarat imajinasi dan petualangan. Setiap kali Dorothy dan kawan-kawan datang ke suatu tempat, selalu saja ada yg baru, entah itu kawanan Kera Bersayap atau perkampungan yang seluruh penduduk dan bangunannya terbuat dari porselen Cina yang gampang pecah.

Dari cerita ini kita juga dapat belajar dari kebersamaan dan kesetiakawanan Dorothy dengan Scarecrow, Tin Woodman dan Singa Penakut bahkan ketika mereka masing-masing telah menemukan tempat paling nyaman bagi mereka, mereka tetap dengan setia mendampingi Dorothy sampai tujuannya tercapai, yaitu kembali ke kampung halamannya di Kansas.

Gaya bahasa yang digunakan dalam buku ini sederhana dan tidak bertele-tele, dalam banyak bagian tidak ada penjelasan yang detil tentang peristiwa yang sedang terjadi. Namun maklum, ini buku untuk anak-anak.

Ada beberapa hal yg masih ‘ganjel’ di hati saya, antara lain:

1. Entah mengapa sang penulis memberi kisah ini judul “The Wizard of Oz”. Jelas-jelas tokoh utamanya adalah Dorothy, disusul kawan-kawannya. Si Penyihir Oz sendiri hanya bagian kecil dari kisah ini.

2. Rasanya lebih pas kalau “Scarecrow” tidak usah diterjemahkan menjadi “Boneka Jerami”. Yah itu menurut saya saja sih 😉

Lepas dari itu semua, saya sangat menyukai kisah ini, termasuk juga karena adanya ilustrasi-ilustrasi cantik di edisi terjemahan terbitan Atria. 4 stars for this!

View all my reviews

Paperback, 206 pages
Published October 22nd 2010 by Penerbit Atria (first published 1900)
Price IDR 24.900

Advertisements

2 thoughts on “The Wizard of Oz – L. Frank Baum

  1. Jujur banget aku ingin baca ulang cerita ini. Karena aku udah lupa blass gimana jalan ceritanya.
    Penasaran gimana sih Dorothy bisa sampai ke negeri Oz? Dan sebenarnya siapa sih Penyihir Oz itu? Dan aku juga setuju sama pertanyaan Mel ttg kenapa sih judulnya malah The Wizard of Oz? Padahal kebanyakan isinya malah ttg petualangan Dorothy ya wkwkw. Malah dulu aku sempet ngira kalau si Dorothy adalah Oz.

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s