Home » Book Reviews » 2 star review » A Child Called “It” – Dave Pelzer

A Child Called “It” – Dave Pelzer

A Child Called 'It': Sebuah Kisah Nyata Perjuangan Seorang Anak untuk Bertahan HidupA Child Called ‘It’: Sebuah Kisah Nyata Perjuangan Seorang Anak untuk Bertahan Hidup by Dave Pelzer

My rating: 2 of 5 stars

Child abuse. Siapapun yang melakukannya adalah orang yang lemah. Mengapa? Karena ia hanya mampu menindas makhluk yang jauh lebih lemah daripadanya. Berhadapan dengan orang yang kekuatannya setara, ia tak bakal mampu berbuat apa-apa.

Memoar korban child abuse, Dave Pelzer, serta bagian pertama dari trilogi kisah hidupnya ini menceritakan siksaan, hinaan, kekejaman yang dilakukan ibu kandungnya sendiri ketika ia masih kecil. Beberapa orang yang telah membaca buku ini bisa jadi ragu-ragu akan kebenaran ceritanya, karena hal-hal yang dilakukan sang ibu kepada Dave kecil sungguh tidak masuk akal dan gila.

Terlepas dari hal itu, bagi saya buku ini membawa dua pesan. Pesan yang pertama adalah bagi para orang tua. Jangan sekali-kali menyiksa anakmu. Didikan bisa saja diberi secara fisik, tapi orang tua yang baik tentunya tahu batasan antara mendidik dan menyiksa.

Pesan yang kedua adalah bagi para korban child abuse, buku ini dapat menjadi penyemangat bagi mereka. Sangat jarang korban child abuse yang berhasil keluar dari traumanya. Kekerasan dan pelecehan yang dialami sejak dini bisa menghantui seluruh hidup si anak sehingga kemauan bertahan hidupnya lemah, ia bertumbuh dengan rasa rendah diri dan mental terganggu. Dave Pelzer, dengan perjuangan keras dan dukungan tanpa henti orang-orang yang mengasihinya, berhasil keluar dari traumanya.

View all my reviews

Softcover, 168 pages
Published 2001 by Gramedia Pustaka Utama (first published 1992)
Price IDR 34.500

Advertisements

3 thoughts on “A Child Called “It” – Dave Pelzer

  1. aku pengen banget baca buku I Child Called It.
    karena aku dulu sebelumnya sudah membaca The Lost Boy dan a Man named Dave. sangat penasaran saat Dave piknik di dekat sungai bersama kedua orang tuanya dan ke empat saudaranya. dan akar penyebab ibu Dave sangat membenci Dave.

  2. Baca pas SMA di samping kakak yang (kayaknya) udah tidur.
    Nangis diem2, nahan sesenggukan.
    Nyata atau nggak, isinya tetep bikin mewek… (T-T”)
    *apa karena pas baca belum cukup umur, ya (~..~”)

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s