Home » Book Reviews » 4 star review » Flipped – Siap-siap Jungkir Balik!

Flipped – Siap-siap Jungkir Balik!

Cinta monyet tidak pandang bulu. Juli Baker yang masih berusia 7 tahun pun tidak luput dari panah si monyet (#eh) ketika tetangga baru datang untuk tinggal di seberang rumahnya dan membawa serta seorang anak laki-laki sebayanya yang bernama Bryce Loski.


[Juli] Pertama kali aku bertemu Bryce, aku jungkir balik. Pasti karena matanya. Ada sesuatu di matanya. Matanya yang biru dengan bulu mata hitam itu benar-benar memukau.

Dan begitulah keadaannya sampai mereka menginjak kelas sembilan. Juli membuntuti Bryce kemana-mana seperti bayangan kedua. Dan coba tebak apakah Bryce merasakan hal yang sama tentang Juli? Hell no! Selagi Juli kelihatannya tidak bisa jauh-jauh dari Bryce, sebaliknya Bryce malah ogah dekat-dekat dengan Juli. Cuma satu hal yang Bryce mau, yaitu supaya Juli lenyap dari hidupnya.

Kemudian, ketika Juli dan Bryce beranjak remaja, serangkaian insiden aneh nan membingungkan mulai terjadi. Bagi Juli, insiden-insiden ini melibatkan pohon sikamor, ayam-ayam dan telur-telur, pekarangan depan rumahnya, dan tentu saja Bryce. Dan Bryce, yang selama ini menganggap dirinya sedang ‘berperang’ melawan Juli, sebenarnya dia terus berperang melawan rasa takutnya sendiri.

Pengalaman duduk diatas pohon sikamor dan nasihat dari ayahnya untuk melihat sesuatu secara keseluruhan dan jangan hanya satu bagian saja, plus kejadian tak mengenakkan yang melibatkan Bryce, membuat Juli pelan-pelan merasa bahwa ia tidak begitu menyukai Bryce lagi.

Sedangkan Bryce yang awalnya menganggap Juli sebagai si Nona Menyebalkan yang betah menghabiskan waktu diatas pohon sikamor kesayangannya, dan merangkak masuk kandang ayam yang jorok dan kotor, akhirnya melihat sisi lain dalam diri Juli yang mulai membuatnya tertarik…

Tebak siapa sekarang yang jungkir balik… ๐Ÿ˜€

###

Novel ‘ringan namun berbobot’ yang diberondong pujian dari berbagai pihak (Chicago Tribune, BookPage, Publishers Weekly, Kirkus Reviews, dan lain-lain) ini bukan hanya sekedar menyajikan kisah cinta-cintaan a la remaja, tapi juga pembelajaran karakter dan kisah keluarga yang menghangatkan hati. Karakter-karakter yang ada di dalamnya, mulai Juli yang keras kepala, Bryce yang diam-diam pengecut, Mr. Baker dan Chet yang bijak, sampai Mr. Loski yang doyan merendahkan orang lain; semuanya melambangkan orang-orang di sekitar kita atau bahkan diri kita sendiri. Cerita dalam novel ini tidak akan berlalu begitu saja setelah kita selesai membacanya, namun nilai-nilai yang ada di dalamnya, jika kita renungkan, akan membuka pintu gerbang untuk (istilah kerennya) aktualisasi diri. Novel ini seperti wake-up call yang ‘menyentil’ pola pikir kita secara halus namun tepat sasaran, dan masih mengena juga buat kita-kita yang umurnya sudah tidak belasan lagi….hehehe.

Empat bintang kupersembahkan untuk novel yang benar-benar sanggup bikin pembaca jungkir balik ini. Novel ini highly recommended terutama bagi para remaja! Ada yang tahu novel untuk remaja yang sekeren Flipped ini? Kasih tau saya dong!

Beberapa quote favorit saya dalam buku ini antara lain:

“Karakter seseorang terbentuk sejak kecil, Nak. Pilihan yang kau buat hari ini akan memengaruhi hidupmu sampai kapan pun.”

“Hanya wanita yang keras kepala saja yang bisa membuat hidup terasa lebih hidup.”

–> #tunjukdirisendiri #bloggerbukusedangnarsis #abaikan ๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜„

“Walaupun berbagai macam emosi mengaduk perasaan kita setiap hari, tapi jika pada akhirnya kita merasa bahagia, alangkah indahnya.”

“Satu hal sudah kupelajari dari Juli Baker, bahwa jika aku ingin berhasil, aku harus fokus dan terus mencoba.”

Dari halaman Dialog dengan Wendelin Van Draanen :

“Cinta sejati berlabuh setelah kita mengenal dan menghormati orangnya.”

Dan berikut ini adalah kalimat yang merupakan inti dari buku ini:

“Keseluruhan lebih baik dibandingkan jumlah bagian-bagiannya. Begitu pula dengan manusia, hanya kalau manusia kadang kebalikannya, justru keseluruhan diri mereka itu bernilai kecil dibanding jumlah bagian-bagiannya.”

Dalam bahasa Inggris (ini saya ambil dari film, bukan buku berbahasa Inggrisnya) :

“The whole being is greater than the sum of its parts. It is the same with people, but sometimes with people, the whole could be less.”

A word of warning: terjemahan versi Orange Books ini remaja buangeeet *membuat berasa tua* =p. Saya jadi ingin baca versi bahasa Inggrisnya. And I love the movie as much as I love the book! Cuma satu hal yang kurang dari filmnya, yaitu tidak ada si Tukang Pipis Misterius! Siapa dia? Read the book and you’ll know…๐Ÿ˜€

Flipped movie poster

Detail buku:
โ€œFlippedโ€ oleh Wendelin Van Draanen
272 halaman, diterbitkan Agustus 2011 oleh Orange Books
My rating: โ™ฅ โ™ฅ โ™ฅ โ™ฅ

Advertisements

22 thoughts on “Flipped – Siap-siap Jungkir Balik!

  1. Pingback: Blog ParcelBuku.Com » Blog Archive » Siap-siap Jungkir Balik! [Flipped]

  2. Hahahaha… Kalo melisa aja merasa tua aku ogah baca aaaaaahhhh, hehehehe ๐Ÿ˜‰ tapi seru juga kadang baca tentang dunia remaja ya, bikin kangen..

  3. Gara-gara baca review ini aku langsung download filmnya…
    Ow, co cwit bgt deh filmnya. Ini cerita teenlit yg ga kacangan bener~ apakah novelnya juga seindah filmnya? ๐Ÿ˜€

  4. jadi bingung… beli versi terjemahan atau (cari donlotan ebook) beli yang versi Inggris ya? Biasa deeeh kalo uda diterjemahin kadang kurang nancep gitu *sok banget sih jangan2 pas baca nenteng2 kamus melulu* kebolak balik ini hati abis nonton Flipped ๐Ÿ˜€

  5. aku pernah nonton filmnya! aku pernah nonton filmnya! aku suka banget sama filmnya >,..< ternyata adaptasi dari buku toh… ๐Ÿ˜€ aduh sumpah, waktu awal pembukaan aku kira Juli itu anak kecil yang gila, ternyata enggak… jadi pengen lihat film ini lagi…

  6. ah rasa-rasanya terlalu sempurna untuk sebuah flipped, angkat topi untuk pengarangnya Wendelin Van Draanen..

  7. halu, aku pernah nonton filmnya & filmnya menurutku bagus & beberapa kali aku nonton film itu & jujur aku gk pernah bosen liat filmnya, aku mau tanya dong, beli buku novelnya dimana ya? soalnya aku beberapa kali nyari di toko buku selalu nggak ada . aku pingin baca novelnya

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s