Home » Authors » Kathryn Stockett » Character Thursday [1]

Character Thursday [1]

Ini kali pertama saya ikut blog hop yang dihost Mbak Fanda ini, langsung aja simak apa sih Character Thursday itu?

Character Thursday

  • Adalah book blog hop di mana setiap blog memposting tokoh pilihan dalam buku yang sedang atau telah dibaca selama seminggu terakhir (judul atau genre buku bebas).
  • Kalian bisa menjelaskan mengapa kalian suka/benci tokoh itu, sekilas kepribadian si tokoh, atau peranannya dalam keseluruhan kisah.
  • Jangan lupa mencantumkan juga cover buku yang tokohnya kalian ambil.
  • Kalau buku itu sudah difilmkan, kalian juga bisa mencantumkan foto si tokoh dalam film, atau foto aktor/aktris yang kalian anggap cocok dengan kepribadian si tokoh.

Syarat Mengikuti :

  1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
  2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
  3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
  4. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
  5. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…

***

Character Thursdayku yang pertama ini jatuh kepada:

Aibileen Clark

Dari novel The Help karya Kathryn Stockett

Saya sendiri baru menginjak halaman 12 dari novel ini, tapi dari awal sudah “ketemu” dengan Aibileen yang menjadi salah satu tokoh utama sekaligus narator. Aibileen adalah seorang wanita kulit hitam paruh baya yang bekerja sebagai pengasuh anak sekaligus pembantu rumah tangga untuk keluarga-keluarga kulit putih. Aibileen seorang yang bijaksana dan berdedikasi terhadap pekerjaannya. Ia sangat baik dan penyayang kepada anak-anak dan sekarang ia membesarkan anak kulit putih yang ketujuh belas semasa hidupnya. Namun sebelum ia bekerja pada keluarga Leefolt dan mengasuh Mae Mobley, bayi perempuan yang ceria namun tidak dipedulikan oleh ibunya, Aibileen baru saja mengalami kedukaan yang sangat dalam. Anak lelakinya meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. Saya penasaran bagaimana cerita akan bergulir selanjutnya, dan bagaimana karakter Aibileen akan berkembang sepanjang buku. Lucu juga membaca buku ini dalam bahasa aslinya, di mana Stockett menulis narasi yang dibawakan Aibileen dengan ”black tongue”, alias bahasa Inggris yang biasa digunakan kaum kulit hitam, yang nota bene tidak selalu mengikuti struktur dan grammar dalam bahasa Inggris yang standar. Bisa jadi black tongue ini kurang bisa ditangkap dalam versi terjemahannya.

Berikut sepenggal ucapan Aibileen di bagian awal buku:

 Babies like fat. Like to bury their face up in you armpit and go to sleep. They like big fat legs too. That I know.

Itu Character Thursday-ku, siapa Character Thursday-mu? 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Character Thursday [1]

  1. Jadi makin pengen bacaaa! Hiks.. *lirik antrian*
    Moga2 deh versi terjemahannya sebagus Uncle Tom’s Cabin yg menurutku bahasa “kulit hitam”nya diterjemahkan dengan bagus banget.

  2. aku sungguh ingin baca buku ini tp gak kesampean, skrg malah penasaran sama filmnya loohhh…viola davis ya yg jadi si aibileen? keren.

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s