Home » Authors » Gaston Leroux » Weekend Quote #1

Weekend Quote #1

Mari merayakan akhir pekan dengan memposting quote pilihan dari bacaan terakhirmu! Terima kasih buat Listra dari blog Half-Filled Attic yang telah memprakarsai meme ini. 🙂

Weekend Quote

The idea is to pick a quote from a book or author you read, like, or hate, and write your comment about it. You can post the “Weekend Quote” article every weekend (Saturday or Sunday), or at any weekend suits you best.

Here are the rules:

  • You have to pick one quote and comment about it. It may be the reason why you agree or don’t agree with it, or why it is interesting for you. I can also be your experience that reminds you of that quote. Feel free to use your imagination. 😀
  • Please put the picture of “Weekend Quote” on either your blog sidebar or everytime you post the quote. (It helps people to know what we are doing).
  • Please give a link back to Listra’s post.

***

Quote yang saya pilih untuk weekend ini berasal dari buku yang baru saja saya tamatkan, The Phantom of the Opera oleh Gaston Leroux. Versi yang saya baca adalah terjemahan ke bahasa Indonesia oleh Penerbit Serambi. Saya sudah mencoba untuk mencari versi bahasa Inggris dari quote ini di Online Literature dan di Project Gutenberg, namun tidak ketemu. Quote ini ada di dalam Chapter XII: Apollo’s Lyre (dalam versi Serambi Bab XIII: Lira Dewa Apollo).

“Musik mempunyai kekuatan untuk menghapus semuanya di dunia kecuali musik itu sendiri, yang langsung masuk ke dalam hati. Petualanganku yang aneh telah terlupakan. Si Suara telah menjadi nyata lagi dan aku mengikutinya, terpesona, dalam perjalanannya yang harmonis. Aku menjadi pengikut Orpheus! Dia membawaku menyusuri kesedihan, kegembiraan, kesyahidan, putus asa, kebahagiaan, kematian, dan kegemilangan perkawinan. Aku mendengarkan, dia bernyanyi; dia menyanyikan untukku sepotong lagi yang tidak kukenal, dan musik baru yang memberikanku kesan aneh mengenai kelembutan, kelesuan, dan kedamaian, musik yang menggerakkan jiwaku, lalu lama-kelamaan menyejukkan dan membawaku ke ambang pintu mimpi. Aku tertidur.”

Semua baris menakjubkan ini dirangkum menjadi hanya satu kalimat konyol: “He sang me to sleep.” Too bad. 😦
Anyway, quote ini adalah salah satu hal yang menandai betapa artistiknya gaya penulisan Gaston Leroux. Tidak mudah menggambarkan keindahan dan kemegahan musik dalam kata-kata! Konon di dalam cerita, Christine Daae mendapatkan kemajuan signifikan dalam kemampuannya bernyanyi, karena Sang Malaikat Musik sendiri yang memberikan kepadanya pelajaran menyanyi. Hohoho… saya juga mau seperti itu, tapi nggak mau kalau Malaikat Musiknya datang dalam bentuk mayat hidup, hahaha… =))

Apa quote pilihanmu weekend ini? Jangan lupa tinggalkan link di post Weekend Quote Listra ya!

5 thoughts on “Weekend Quote #1

  1. Aku belum pernah baca sih, cuma pernah nonton drama musiknya aja. Aku suka bagian dia menyebutkan nama Orpheus di situ. If I were to marry someone from the Greek Myth, it’d be Orpheus.

    Jadi makin pingin baca bukunya. Nice quote, Mel.

  2. Wah aku malah lupa ada quote itu 😀
    Tapi mungkin Christine bukan tertidur karena musiknya membosankan, tapi justru saking ‘melodious’nya, so…it doesn’t have to be that bad after all.. 🙂

  3. Pingback: Character Thursday [6] – Phantom of the Opera | Surgabukuku

What do you think?

