Home » Ini dan Itu » Artikel Buku » My Journey of Book Blogging with BBI

My Journey of Book Blogging with BBI

Sebenarnya kalo dirunut ke belakang, saya agak lupa sejarah bergabung dengan Blogger Buku Indonesia alias BBI. Maklum lah, semuanya “kejadian”nya di dunia maya dan saya bukan tipe orang yang suka mencatat tanggal-tanggal tertentu yang ada “sejarah”nya. Kalo tanggal lahir blog kan saya tinggal lihat kapan post pertama kali terbit, yaitu tanggal 23 November 2010.  (YAK, sebentar lagi blog ini akan berulang tahun yang ke-2! Jangan lupa mampir ke sini mulai tanggal 9 November nanti, bakal ada sesuatu yang spesial buatmu. *kedips*)

Nah, balik lagi ke sejarah bergabung dengan BBI. Yang nggak bisa dilepaskan dari sejarah terbentuknya blog ini. Setelah sebelumnya saya cuma mereview buku-buku lewat Goodreads, atas saran dari Mbak Fanda (yang pada waktu itu udah lama punya blog buku) saya akhirnya memberanikan diri bikin blog buku. Maklumlah, sebelumnya saya belum pernah punya pengalaman blogging. Boro-boro blog buku, blog pribadi pun belum pernah punya. Walaupun di awal-awal posting masih acak-acakan (karena copy-paste kode HTML dari Goodreads), theme dan lain-lain juga masih kacau bin labil, lama-lama saya menikmati juga jadi newbie di dunia blogger buku. And with time, I’m getting better at book blogging, hehehehe :D.

Apalagi dengan keberadaan teman-teman sesama pecinta buku yang juga termasuk BBI-ers yang paling awal bergabung: Rahib Tanzil Hernadi, Mbak Fanda, Nophie, Althesia, Ally, Ana, Ferina, Mia, Astrid, dan siapa lagi yaaa (maaf kalo ada yang kelewatan, ini seinget saya aja sih). Nah, karena sebelumnya sudah familiar dengan teman-teman ini via Goodreads dan Twitter, ketika menerima undangan dari Ally untuk bergabung di Group FB BBI, ya dengan senang hati saya bergabung. Yang unik, walaupun BBI-ers itu bhinneka tunggal ika masalah genre buku (ada yang ”makanan”nya romance, ada yang doyan fantasi, ada juga yang doyannya klasik atau fiksi sejarah, dan seterusnya…), sepertinya perbedaan itu nggak menjadi masalah ya!

Dan sampai sekarang….. we’re having so much fun! Mulai dari posting bareng tiap bulan dan aktivitas blogwalking yang gak bisa dipisahin dari acara posting bareng (buat yang belum tau, posting bareng pertama kali pake buku Wuthering Heights), godain si Bebi di Twitter (yap :D), BBI 1st Giveaway Hop yang bikin heboh, juga Secret Santa tahun lalu yang nggak kalah hebohnya. Juga ketika alamat blog buku saya masuk buku Berguru pada Pesohor bareng teman-teman yang lain, itu salah satu peristiwa yang sampe sekarang bikin senyum-senyum sumringah (padahal ya cuma gitu doang sih). Sampe hal-hal kecil misalnya ngarep buntelan dari penerbit (apa kabar ordo buntelan? Masih eksis kah? Salam tiga jari dari eks ordo buntelan :P), ada juga ordo swap yang doyan barter buku, terus saling ngasih semangat kalo ada seseorang yang lagi mampet baca ato blogging. All of these things are nice indeed, right? I am really happy to be a part of this community.

Sedikit tentang BBI-ers (sekali lagi maaf kalo ada yang kelewatan, bukan karena sengaja lho).

Yang rajin bikin giveaway: Ren, Oky, Nana

Yang speed bacanya kecepatan cahaya: Threez, HobbyBuku, Stefanie Sugia, Desty

Yang lama vakum / jarang update: Noviane, Nophie, Althesia, Review Buku

Yang bacaannya bikin geleng-geleng: Ndari dan Listra

Fellow Classics Clubbers: Fanda, Bzee, Vannya, Made Melani, Hobby Buku, Althesia, Listra

 Sekarang, ijinkan saya menutup post ini dengan sebuah quote dari buku The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society:

“We read books, talked books, argued over books, and became dearer and dearer to one another.”

 

I love you full, BBI! 😀

 

* Posting ini ditulis dalam rangka meramaikan Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober lalu.

UPDATE: Ingin bergabung dengan BBI? Simak syarat-syarat dan cara bergabung di POST INI.

49 thoughts on “My Journey of Book Blogging with BBI

  1. We love you full juga Mel!!! aku inget banget tuh waktu posting pertama Wuthering Heights, gilingan deh macam2 reaksi abis bacanya. hahahaha bikin ketagihan banget tuh posting bareng. 🙂

  2. blog yg ultahnya sama denganku ini salah satu yang paling sering aku tengok lho (meski gak selalu meninggalkan jejak)..=) nice to know you mel!

  3. Aww awww ada namaku. Ahahahhaa…
    Aku mau ikutan post ini tapi terus terang aku lupaaaa gimana gabung BBI… Tepatnya gabung GRI siih, kalo BBI mah dapet dari GRI.
    Seru ya ada BBI. Jadi makin rajin baca dan ngeblog.

  4. Sampai sekarang beneran salut ma grup classic-er. hehehe.

    waah, bakal ada giveaway lagi? kayaknya baru kemarin deh ada giveaway di blog ini. 😀
    Tahun kemarin nggak ikut karena nggak tahu mau nulis apa.

    • Hehehe, classics clubbers juga banyak yang newbie kok Al. Mau join kah? *kedips*
      Iya giveaway dalam rangka blogoversary. Kalo GA yg di FB itu khusus BBI, dalam rangka bersih2 timbunan 😀
      Oya GA tahun ini nggak susah kok, gak bakal disuruh nulis cerpen kayak tahun lalu. ikutan ya!

  5. dilihat dari theme blog melisa ini sepertinya butuh perjuangan membuatnya ya..haghag
    setuju sih dengan kecepatan cahaya membacanya mbak tris itu..luar biasa deh…kita patut tanya rahasianya, hehehe

    PS. Ally, aku udah pernah propose blognya winda (bumikata.wordpress.com) mhn direview

    • Theme-nya mah otomatis dari WP, yg butuh perjuangan kalo bikin post & ngatur pages, widget juga. Aku sih suka mendekor blog, udah kayak rumah sendiri soalnya 😀

  6. Wah mau anniversary yang kedua ya, menanti dengan sabar kejutan yang akan muncul 😀
    Pertemuan pertama di kopdar Serambi itu yang bikin aq terpicu buat blog dan aktif kembali lho, so thanks for the inspiration and friendly welcome from you and Fanda too, terutama menggeret diriku ke kancah klasik, really a newbie with baby-step 😀

      • Soalnya mentor-ku 2 orang yang dengan ilmu perbukuan tingakt tinggi, makanya muridnya bukannya belajar merangkak malahan disuruh langsung lari (sampe kesandung-sandung) bikin giveaway-lah (padahal yg namannya ‘copter’ baru denger), belajar fitur-fitur blogging-lah, untung juga kalian satu kota, klo luar kota aq mesti tlp interlokal bolak-balik 😀

  7. Aku terharuuu dibilang yang sering bikin giveaway :’D.
    Soalnya aku suka liat orang seneng sih Mel, that’s why ^^. Kenal Melisa sih sudah lama yah di Gudrids, tapi jarang ngobrol kita. Walau akhirnya dipertemukan lewat sesuatu yang bukan buku sih. Benedict Cumberbatch ma Michael Fassbender lah yang melakukannya #gedubrak X)

  8. “Yang bacanya bikin geleng-geleng.” Hahaha. Saya sih masih blogger amatiran. Kalo mau yang pro sih… *lirik mas HTanzil, Mbak Fanda, dan lain-lain lah*

    Ga tau loh ada posting bareng hari ini. Ngebut bikin post deh. (Salah siapa coba ga punya facebook?)

  9. …dan perkenalan kita terjadi saat aku (terpaksa) ngirim buku ke rumahmu ya, Mel?
    Aku malah lupa bahwa aku yg ngomproin kamu bikin blog buku, kok kayaknya surgabukuku ini udah lamaa lahirnya.

    Thanks udah menemani berselancar di lautan klasik ya Mel, nemenin juga ikutan CCP 🙂

    • aku juga lupa-lupa inget, yang jelas kita banyak ngobrol di Twitter sama YM (sampe hari ini :D) yup itu paling kuinget juga soalnya jarang-jarang ada tobuk online yang pemiliknya sampe nganterin jualannya ke rumah pembeli, hehehe.
      Sama-sama mbak, blogku juga gak sampe bakal bisa kayak sekarang kalo ga ada mbak Fanda #eaaa *__*

  10. Mba Mel kalo aku ke Surabaya ajakin kopdar yaaaa~ *kapan yaaaa?*

    Aaa.. paling sering bikin Giveaway itu aku baru pernah menang di blognya mba Ren, kalo Nana belum pernah nih *komatkamit*

    Btw, iyah itu saya iri sama yg kecepatan bacanya bagaikan petir dan genre yg bikin geleng2 kagum itu tuh~ kapan yak bisa kayak mereka-mereka ini?

  11. hihihi…iya, link blog masuk ke Berguru Pada Pesohor emang bikin mesam mesem, apalagi judulnya yang ada kata ‘pesohor’ bikin serem juga… tapi kalau inget itu jadi termotivasi terus untuk update blog 😀

  12. Itu yang membaca dan mereview dengan kecepatan cahaya, apa resepnya yah?? Kagum ama mereka…

    Aku sering mampir di blognya Mel, tapi gak pernah (jaranglah) soalnya agak sulit untuk login ke WP atau dari via twitter. Maaf ya Mel… Hehehe…. 😉

  13. Mel termasuk yang awal2 gabung nih aku ingetnya. Dan inget banget waktu udah temenan di twitter terus ngajak gabung ke group BBI FB si Mel kaget aku nda punya account FB *walau akhirnya tergoda juga bikin karna BBI* hiihihi..

  14. Wow, keren Mel baru blogging dan langsung masuk di dalam daftar Berguru Pada Pesohor. Mantap. Btw, give away nya genre buku apa nih? Nyari bocoran .. hehe.

  15. pagi mbak Melmarian, mau tanya ni.. kalo mau gabung BBi gimana ya caranya? aku udh kunjungin blogny BBi tp tampilannya ngga kaya blog umumnya, semacam agregator gitu… makasih 🙂

  16. Pingback: 15 Day Book Blogging Challenge Day 3: Blogging BFFs | Surgabukuku

What do you think?

