Home » Authors » Betty Smith » Kutipan Buku: A Tree Grows in Brooklyn

Kutipan Buku: A Tree Grows in Brooklyn

a tree grows in brooklyn

“Pemberian maaf,” kata Mary Rommely, “adalah hadiah yang sangat berharga. Namun tidak membutuhkan biaya apa pun.” – hal. 215

***

Francie membaca beberapa halaman dengan cepat dan nyaris demam saking semangatnya. Rasanya ia ingin berteriak keras-keras. Ia bisa membaca! Ia bisa membaca!

Sejak saat itu, ia merasa memiliki dunia lewat membaca. Ia takkan pernah kesepian lagi, takkan pernah sedih karena tidak punya teman akrab. Buku-buku menjadi sahabatnya dan ada satu buku untuk setiap suasana hati. Ada buku puisi untuk waktu-waktu tenang. Ada buku petualangan saat ia bosan dengan waktu-waktu tenang. Ada kisah-kisah cinta saat ia memasuki usia remaja, dan saat ia ingin merasa dekat dengan seseoarang, ia bisa membaca biografi. Pada hari ketika ia sadar bisa membaca, Francie bersumpah untuk membaca satu buku sehari selama ia hidup. – hal. 224-225

***

“Ya. Tapi aku ingin hidup untuk suatu tujuan. Aku tidak mau hidup untuk menerima makanan derma supaya aku cukup kuat untuk menerima lebih banyak makanan derma.” – hal. 405

***

“Tuhan yang baik”, Francie berdoa, “biarkan aku menjadi sesuatu setiap menit dalam setiap jam hidupku. Biarkan aku bahagia; biarkan aku sedih. Biarkan aku kedinginan; biarkan aku merasa hangat. Biarkan aku kelaparan… terlalu banyak makan. Biarkan bajuku compang-camping atau rapi. Biarkan aku jadi tulus — jadi penuh muslihat. Biarkan aku jujur; biarkan aku jadi pembohong. Biarkan aku jadi terhormat dan biarkan aku berdosa. Tapi biarkanlah aku jadi sesuatu dalam setiap menit yang penuh berkah. Dan saat aku tidur, biarkan aku terus bermimpi supaya tak ada satu pun kepingan kehidupan yang terlewat.” – hal. 557

***

A Tree Grows in Brooklyn (Sebatang Pohon Tumbuh di Brooklyn), oleh Betty Smith. Versi terjemahan Indonesia diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Baca review A Tree Grows in Brooklyn di sini.

What do you think?

