Home » Ini dan Itu » Artikel Buku » Top 5 Best Book Covers 2012

Top 5 Best Book Covers 2012

Sebagai bagian dari Book Kaleidoscope 2012, dibawah ini adalah lima cover buku favorit dari semua buku yang sudah dibaca di tahun 2012. Empat novel terjemahan, dan satu novel Indonesia. Check them out!

kisah dua kota cover1

Kisah Dua Kota (A Tale of Two Cities) oleh Charles Dickens. Elex Media Komputindo, 2010. Banyak orang mungkin nggak setuju dengan cover bernuansa putih-pink ini, tapi bagi saya cover ini berkesan, karena guillotine yang dipenuhi bunga mawar melambangkan kebiadaban yang ditutupi oleh cinta. IMO sih. 😀 Sayang desainer cover tidak disebutkan di dalam buku ini.

city of thieves

City of Thieves (Kota Para Pencuri) oleh David Benioff. Penerbit Ufuk Press, 2010. Suka banget dengan cover novel hisfic yang menggambarkan suasana kota di Rusia yang bersalju. Nice! Credits to pewajah sampul Arie Hadianto.

bibbi bokken

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken (Bibbi Bokkens magische Bibliothek) oleh Jostein Gaarder. Penerbit Mizan, 2011. Cover versi Gold Edition ini lebih mantap daripada edisi lamanya! Covernya membuat buku ini tak sekadar dilirik oleh calon pembeli dan pembaca. Pujian untuk desainer sampul Andreas Kusumahadi.

meede

Rahasia Meede oleh E.S. Ito. Penerbit Hikmah, 2007. Cover novel hisfic Indonesia bercitarasa Dan Brown ini sungguh-sungguh wah. Misterius dan eyecatching. Cover dalamnya pun, emmm… bikin penasaran. Great job pewajah sampul Windu Budi!

Just So Stories

Just So Stories (Sekadar Cerita) oleh Rudyard Kipling. Gramedia Pustaka Utama, 2011. Seperti yang sudah saya sebutkan dalam review, salah satu faktor penentu yang membuat saya memberikan bintang 5 untuk buku ini adalah ilustrasi (dan juga desain cover) yang digarap oleh Staven Andersen. Reinterpretasi ilustrasi-ilustrasi asli karya Kipling bukannya bermaksud menggantikan, namun memberikan suatu nafas baru yang segar bagi buku ini. Dua jempol!

Advertisements

14 thoughts on “Top 5 Best Book Covers 2012

  1. Tetap gak suka sama cover A Tale of 2 Cities, terlalu girlie, kurang pas dengan nuansa bukunya, meski memang guillotine tertutup bunga itu menggambarkan cinta yg menutupi kebiadaban. Mungkin kalau warnanya tidak dominan pink, akan lebih aceptable 🙂

    Yg Just So Stories, aku jadi pengen baca karena covernya yang intriguing, meski belum bisa menilai dengan obyektif karena belum baca bukunya.

  2. Pingback: Top 5 Favorite Books 2012 « Surgabukuku

  3. Pingback: Book Kaleidoscope 2013: Top 5 Best Book Covers | Surgabukuku

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s