Home » Book Reviews » 4 star review » Harry Potter and the Prisoner of Azkaban – J.K. Rowling

Harry Potter and the Prisoner of Azkaban – J.K. Rowling

hp 3 cover

“I solemnly swear that I am up to no good.”

 

Harry Potter yang kini berusia tiga belas tahun sedang dalam masalah besar. Ia tak sengaja menggelembungkan bibinya yang menyebalkan, Bibi Marge. Peristiwa itu mendorongnya kabur dari Privet Drive dengan membawa koper besarnya dan sangkar Hedwig. Harry kemudian terjatuh dan hampir tergilas oleh Bus Ksatria ketika ia melihat sesosok makhluk hitam besar yang menyeramkan. Sesampainya Harry di Leaky Cauldron, ia disambut oleh sang Menteri Sihir sendiri, Cornelius Fudge. Betapa herannya Harry, masalah dengan Bibi Marge sudah terselesaikan dan Harry sendiri luput dari hukuman karena melakukan sihir secara tidak sengaja. Harry mendapat kesan bahwa sungguh aneh Menteri Sihir sendiri yang mengurusi perkara remeh seperti dirinya. Dia belum tahu bahwa narapidana Azkaban yang meloloskan diri—Sirius Black—yang adalah tangan kanan Voldemort, konon mengincar dirinya. Harry dan kawan-kawan pun kembali ke Hogwarts yang telah diberi pengamanan ekstra oleh para Dementor Azkaban yang mengerikan. Hogwarts tak terasa seperti rumah yang aman lagi, dan nyawa Harry terancam. Murid-murid Hogwarts dicekam teror ketika tersiar kabar bahwa Sirius Black telah menyusup ke dalam Hogwarts. Ini hanya berarti satu kemungkinan—bahwa ada pengkhianat di antara mereka yang membiarkan Black masuk ke dalam Hogwarts…

Yang baru dalam buku ini:

–          Bus Ksatria, yang adalah alat transportasi bagi penyihir yang tersesat. Bus dua tingkat berwarna ungu cerah ini bukannya terisi oleh bangku-bangku penumpang, tapi beberapa tempat tidur. Bus ini bisa melompat dari tempat satu ke tempat lain dan segala benda: pohon, rumah, kotak pos—melompat menghindari bus ini yang sedang meluncur dengan serabutan. Seru kali ya, kalau di dunia nyata benar-benar ada bus seperti Bus Ksatria…

–          Dementor, penjaga Azkaban yang menyeramkan. Rupa mereka seperti orang tinggi berjubah hitam dengan tangan basah berkeropeng terjulur. Mereka menghisap segala kebahagiaan dari manusia yang ada di sekitarnya, dan membawa dampak lebih buruk kepada mereka yang mempunyai teror di masa lalu, seperti Harry.

–          Profesor Lupin, guru Pertahanan terhadap Ilmu Hitam yang baru. Meskipun beliau selalu tampak lusuh dan sering sakit, Lupin adalah guru Pertahanan terhadap Ilmu Hitam terbaik yang Harry dan kawan-kawan pernah miliki. Lupin nantinya mengajari Harry mantra Patronus yang berguna untuk mengusir Dementor.

–          Crookshanks, kucing jingga berekor sikat-botol milik Hermione. Crookshanks sangat ganas terhadap Scabbers, tikus Ron, yang sekarang tampak kurus dan mengenaskan setelah pulang berlibur di Mesir bersama keluarga Weasley. Hal ini membuat Ron dan Hermione banyak bersitegang di dalam buku…

–          Hagrid menjadi guru Pemeliharaan Satwa Gaib yang baru. Pelajaran pertama mereka sangat mengesankan—Hagrid membawa sekawanan Hippogriff sebagai obyek pelajaran mereka, namun sayangnya pelajaran pertama ini dikacaukan oleh ulah Draco Malfoy.

–          Profesor Trelawney, guru Ramalan. Wanita yang kelihatan seperti serangga besar berkilauan ini meramalkan kematian Harry dengan pertanda Grim, anjing hitam besar penjaga kuburan.

–          Desa Hogsmeade, pemukiman sihir terbesar di seluruh Inggris. Murid-murid Hogwarts diijinkan untuk rekreasi ke desa ini pada waktu-waktu tertentu. Di Hogsmeade ada banyak tempat menarik, mulai dari toko permen Honeydukes, Zonko’s Joke Shop, tempat minum Three Broomsticks, sampai dengan Shrieking Shack, tempat paling berhantu di seluruh Inggris.

–          Peta Perampok, yang berisi peta Hogwarts lengkap dengan lorong-lorong rahasia yang belum pernah ditelusuri Harry dan titik-titik berlabel yang menunjukkan setiap orang yang ada di Hogwarts.

–          Dan beberapa hal lain yang kalau dishare di sini bisa jadi spoiler….

Angka tiga adalah angka favorit saya, tapi buku ketiga Harry Potter ini sayangnya bukan favorit saya. Rasanya di paruh kedua buku cerita mulai agak hambar dan endingnya antiklimaks. Yah, but it’s still OK. JKR still amazes me as usual. 🙂 Di buku ketiga ini kisah tentang Harry mulai gelap dan cenderung seram, walaupun tetap ada bagian lucu-lucunya. Yang menarik dari buku ini menurut saya adalah perkembangan hubungan persahabatan antara Harry, Ron dan Hermione. Kadang-kadang pertengkaran hebat yang terjadi dengan sahabat justru malah akan merekatkan persahabatan itu lebih erat lagi… Dengan adanya segala tantangan yang mereka hadapi, mereka jadi semakin teguh berdiri di samping satu sama lain dan saling membantu. That’s what friends are for… :’)

Memorable Quotes:

“Itu menandakan bahwa yang paling kautakuti adalah—ketakutan itu sendiri. Sangat bijaksana, Harry.” – Lupin

“…tapi aku harus bilang kalian, aku kira kalian berdua akan hargai teman kalian lebih daripada sapu atau tikus. Cuma itu.” – Hagrid, menanggapi pertengkaran antara Ron dan Harry dengan Hermione

“Kaupikir orang-orang yang kita cintai, yang meninggal, benar-benar meninggalkan kita? Menurutmu tidakkah kita malah mengingatnya dengan lebih jelas daripada kapan pun, waktu kita dalam kesulitan besar? Ayahmu hidup dalam dirimu, Harry, dan menunjukkan dirinya paling jelas waktu kau membutuhkannya.” – Dumbledore

Dan….

“Mischief managed.” 😉

***

Detail buku:

Harry Potter dan Tawanan Azkaban (judul asli: Harry Potter and the Prisoner of Azkaban), oleh J.K. Rowling
Diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Listiana Srisanti
544 halaman, diterbitkan Maret 2001 oleh Gramedia Pustaka Utama (pertama kali diterbitkan tahun 1999)
My rating: ♥ ♥ ♥ ♥

6th review for  What’s in a Name Reading Challenge 2013 | 2nd review for Read Big Challenge

 hotter potter logo-1

Para peserta bisa memasukkan link reviewnya di Linky di bawah ini. (Click on the blue frog and then “add your link.”) Linky dibuka sampai dengan hari Senin, tanggal 1 April 2013 pukul 23.59 WIB.



Advertisements

6 thoughts on “Harry Potter and the Prisoner of Azkaban – J.K. Rowling

  1. Pingback: Hotter Potter: Wrap-Up & Winners Announcement | Surgabukuku

  2. Pingback: Wrap-Up of Reading Challenges 2013 | Surgabukuku

  3. Pingback: Read Big! Challenge Wrap-Up Post | Surgabukuku

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s