Home » Ini dan Itu » How to Solve My Riddle (Secret Santa BBI 2015)

How to Solve My Riddle (Secret Santa BBI 2015)

Dear Target, I owe you an apology.
Maaf ya Mbak Ferina, kalau pada saat paket SS sampai riddlenya masih disembunyiin (masih digodok dalam dapur, tepatnya), dan kemudian saat riddle datang bikin pusing tujuh keliling, hehehe.

Riddle yang saya beri ke Mbak Ferina berbentuk digital sebagai berikut:

 riddle_final

Dan langsung saja ini cara memecahkan riddle yang katanya bikin berkunang-kunang ini 😀 :

Kuncinya ada dalam buku 7 Kisah Klasik Edgar Allan Poe, tepatnya dalam cerpen berjudul Kumbang Emas (The Gold Bug). Di dalam cerpen tersebut ada teka-teki yang tersusun atas angka dan simbol, dan ada kunci jawaban beserta penjelasan cara memecahkannya. Saya menggunakan kunci jawaban yang sama dengan yang ada di cerpen tersebut, tapi ada beberapa huruf yang saya tentukan sendiri diwakili oleh angka/simbol apa.

riddle kumbang emas

Kiri: kunci riddle, Kanan: riddle dalam cerpen Kumbang Emas

Step 1: Ada 7 baris dalam riddle tersebut. Supaya lebih mudah, pindahkan riddle ke kertas dan pakai font yang lebih jelas terbaca sebagai berikut. Huruf, angka, dan simbol yang ditulis dalam spidol merah di pojok kiri atas adalah kunci jawaban riddle dalam cerpen Kumbang Emas.

Jpeg

Step 1a

Dan setelah menggunakan kunci jawaban tersebut maka ketemu hasilnya seperti ini:

Jpeg

Step 1b

Ketahuan bahwa riddle ditulis dengan bahasa Inggris dan tidak ada spasi. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah fill in the blanks. Memang agak mikir disini sih, hehehe 😀

Step 2: Saya pakai kalimat awal riddle yang tradisional saja sih: “you can find me if…” jadi sudah ketemu bahwa simbol : melambangkan c, @ untuk f, # untuk y, { untuk u, dan 7 untuk m. Selanjutnya tinggal mengisi kolom-kolom yang kosong dengan menggunakan kunci jawaban yang baru ditemukan.

Jpeg

Step 2

Step 3: & 4 Dan terus fill in the blanks… perhatikan bahwa saya membuat kesalahan menganggap kosong angka 3 yang melambangkan g, padahal ada di kunci jawaban cerpen.

Jpeg

Step 3

Jpeg

Step 4 – DONE!

Nah, sudah ketemu semua! 🙂 jadi bunyi riddlenya seperti di bawah ini: (angka saya tambahkan untuk penanda baris)

1 You can find me if you know where to ask

2 Ask prisoner two four six zero one

3 Ask the madwoman on the attic

4 Ask the boy who shall live forever and ever

5 And at last you will know that love is

6 the bridge between a land of the living

7 and a land of the dead

Yes, ini riddle di dalam riddle 😀 Baris 2-4 menunjuk ke tokoh di buku-buku favorit saya, sedangkan baris 5-7 menunjuk ke salah satu quote favorit di buku favorit saya juga.

Prisoner 24601 –> Jean Valjean dari Les Misérables

The madwoman on the attic –> Bertha Mason dari Jane Eyre

The boy who shall live forever and ever –> Colin Craven dari The Secret Garden

Baris 5-7 –> menunjuk pada kalimat terakhir novel The Bridge of San Luis Rey.

Semua buku ini saya cantumkan sebagai buku favorit di profil Goodreads. Saya juga memberi clue tambahan kepada Target (via PIC SS) yaitu: Kumbang Emas – Edgar Allan Poe.  Dan beberapa hari lalu saya posting kalimat terakhir The Bridge of San Luis Rey di Instagram (post yang ini). Dengan tebar-tebar clue ini saya berharap X bisa menebak siapa saya…

Jadi begitulah cara memecahkan riddle dari saya. Inspirasi bikin riddle ini memang datang dari cerpen Kumbang Emas di buku 7 Kisah Klasik Edgar Allan Poe yang dibuntelin Dion, jadi kalau Mbak Fer pusing itu salahnya Dion #ehhhh

Dan satu lagi, saya melanggar janji sendiri yang bilang kalau nggak akan bikin riddle dengan angka-angka lagi untuk tahun 2015, hwahahahaa… *evil laugh*

What do you think?

