Home » Posts in Indonesian » Belanja Buku Cepat dan Gampang di Belbuk.com

Belanja Buku Cepat dan Gampang di Belbuk.com

Walaupun saya hidup di kota besar yang punya banyak toko buku, saya lebih sering berbelanja buku secara online, bahkan hampir 90% buku-buku saya dibeli secara online baik di toko buku online dalam dan luar negeri, yang punya website resmi ataupun yang jualan dengan menggunakan akun Instagram dan Facebook.

Ada banyak sekali toko buku yang tersebar di dunia maya, dan salah satunya adalah belbuk.com, yang baru-baru ini memberi saya kesempatan untuk memberikan review toko buku online. Sebagai imbalannya, saya dapat voucher yang saya gunakan untuk membeli buku-buku seperti di bawah ini:

P_20160512_171212.jpg

Jpeg

Di saat kantong lagi bolong karena kebanyakan beli art supplies, voucher buku ini sungguh-sungguh membahagiakan! Terima kasih belbuk.com. #malahcurhat

Oke, berikut review toko buku online belbuk.com seperti yang sudah saya janjikan.

belbuk logo

Sebenarnya saya sudah menerima e-mail dari belbuk.com tanggal 29 April 2016, tapi karena kesibukan saya hanya membacanya sekilas lalu lupa mereply XD. Akhirnya e-mail tersebut saya reply pada tanggal 4 Mei, dan syukur penawarannya masih berlaku, hehehe. Saya akhirnya meluncur ke website belbuk.com dan melakukan pembelian hari itu juga.

Tampilan Website

belbuk 1

Simple dan rapi, bahkan boleh dibilang standard. Plusnya, karena tampilan yang standard itulah website belbuk.com loadingnya cepat, hal ini sesuai dengan mottonya Cukup Diklik Buku Tiba di Rumah. Saya mencoba akses dengan koneksi internet yang kurang stabil pun lancar tanpa kendala.

Di sidebar sebelah kiri ada kategori buku, dan di atasnya ada pilihan Buku, CD/DVD, ATK, dan Komputer. Sayangnya selain Buku, jenis produk yang ditawarkan di CD/DVD, ATK, dan Komputer tidak banyak. Selain itu di laman awal kita dapat melihat Buku Terbaru dan Buku Laris.

Proses Pencarian Buku

Cepat dan mudah, tinggal ketik judul buku yang diinginkan di kolom search yang terpampang lebar di bagian atas. Hasil pencarian akan terpampang di layar, yaitu judul buku, nama pengarang dan penerbit, kategori, harga, dan ada notifikasi dalam font merah jika persediaan habis. Menurut saya ini fitur yang sangat membantu karena mencegah calon pembeli di-PHP-in ketika sudah klik link bukunya, eh ternyata persediaan habis.

Proses Pemesanan

belbuk 2Sekali lagi, cepat dan mudah. Kalau masih bingung, tinggal klik Cara Pembelian. Setelah memasukkan semua buku yang ingin dibeli di Troli, total pembelian (sebelum ongkos kirim) dan total berat akan muncul. Pilihan metode pengiriman hanya ada 2 yaitu JNE Reguler dan NEX Logistics S3+ (Reguler Plus), sementara pilihan untuk pembayaran cukup banyak, antara lain dengan transfer bank BCA, Mandiri, BNI, BRI dan yang terakhir dengan Paypal. Saya senang ada opsi pembayaran dengan Paypal karena setahu saya belum banyak toko online di Indonesia yang menyediakan opsi pembayaran ini. Sebelum menyelesaikan pemesanan pembeli bisa meninjau kembali alamat pengiriman, rincian pesanan, metode pengiriman dan metode pembayaran.

Proses Pengiriman

Saya melakukan pemesanan pada tanggal 4 Mei, nah karena besoknya tanggal 5 sampai 8 Mei adalah long weekend dan belbuk.com hanya memproses pemesanan pada hari kerja Senin-Jumat, maka pesanan saya baru diproses pada hari Seninnya, tanggal 9 Mei. Rinciannya dapat dilihat di Riwayat Pesanan, dan status pengiriman dapat dilihat di Riwayat Status., yang cukup detail mulai dari Menunggu Pembayaran, Pembayaran Diterima hingga Dikirim. Paket dikirim keesokan harinya tanggal 10 Mei dan saya terima tanggal 12 Mei sore (menggunakan NEX Logistics).

Kebetulan dari 4 buku yang saya pesan, ada satu yang ternyata persediaannya habis, padahal pada saat saya masukkan ke troli tidak ada keterangan Persediaan Habis. Cukup sedih sih, karena buku itu termasuk wishlist yang paling saya pengenin 😦 (bukunya People of the Book – Geraldine Brooks, btw). Nilai pesanan yang persediaannya habis dikembalikan ke Saldo Akun (di dalam menu Akun Saya), dan bisa dipergunakan untuk pembelian selanjutnya atau ditarik (menu Ajukan Penarikan Dana).

Kesimpulan
  1. Tampilan website sederhana tapi bagi saya tidak masalah, malah menguntungkan karena aksesnya cepat.
  2. Kategori buku beragam dan pencarian buku dapat dilakukan dengan gampang
  3. Proses pemesanan cepat, ringkas dan mudah
  4. Pengiriman cepat sesuai yang dijanjikan tiba dalam 2-3 hari.
Usulan
  1. Kalau boleh packingnya pakai pelindung tambahan misalkan cardboard atau bubble wrap, tidak hanya kertas coklat dan plastik. Untungnya paket saya sampai tanpa penyok sedikitpun.
  2. Stok kalau bisa diupdate secara berkala, sehingga ketika pembeli memasukkan barang ke dalam troli, pembeli bisa yakin kalau semua produk yang dibelinya masih tersedia.
  3. Koleksi dilengkapi dengan buku-buku terbitan terbaru dan diskonnya ditambah dong, hehehe. Karena saya lihat hanya penerbit-penerbit tertentu saja yang ada diskonnya.

Overall, pelayanan belbuk.com memuaskan dan layak jadi pilihan bagi kamu yang suka berbelanja buku (lokal) secara online. Sekali lagi terima kasih kepada belbuk.com yang sudah memberi saya kesempatan untuk memberikan review toko buku online, dan semoga review ini bermanfaat.

Ciao!

One thought on “Belanja Buku Cepat dan Gampang di Belbuk.com

What do you think?

