Home » Book Reviews » Book Tag with Athaya Irfan

Book Tag with Athaya Irfan

Haiii! Masih dalam rangka event BBI Share the Love 2017, kali ini saya dan Athaya tuker-tukeran 10 pertanyaan Book Tag, tentunya masih berkaitan tentang buku dan membaca.

Langsung aja, ini dia Book Tag Ahsyek (minjem istilah Aya) dengan Athaya Irfan:

booktagathaya

  1. Lebih suka buku standalone atau series? Alasannya?

Series, kebanyakan yang aku koleksi buku-buku berseri. Untuk aku buku berseri ceritanya lebih seru, rumit, dan berkelanjutan. Terutama buku fantasi macam A Game of Thrones, Bartimeaus, His Dark Material dan Inkheart. Nggak bisa kubayangkan Harry Potter dan A Game of Thrones gimana jadinya kalau dibikin standalone. Hehehe. Makin rumit ceritanya aku makin suka.

  1. Paling suka membaca dimana? (Ruang tamu, kasur, perpustakaan, garasi, dll?)

Paling suka baca di perpustakaan kalau bisa yang hening dan ada pendingin udaranya. Andai aku punya garasi, loteng atau basement pasti aku akan baca disana khusus kalau lagi baca buku horor dan triller. Tapi untuk baca buku romance paling nyaman di kasur, jadi kalau tiba-tiba nangis nggak ada yang lihat. Uhuk.

  1. Series terfavorit?

The Lunar Chronicles-nya Marrisa Meyer. Ada perpaduan retelling princess di dalam buku ini, seperti Cinderella, Red Riding Hood, Rapunzel dan Snow White. Ada tokoh super jahat dan kejam yaitu Ratu Levana. Totalnya ada 4 buku utama, dan beberapa novella untuk pelengkap. Tapi masih belum baca dua judul lagi yang belum kubaca; Fairest dan Stars Above menunggu diterjemahkan.

  1. Adaptasi film dari buku fantasy yang paling kamu suka?

Harry Potter series. Cast, pemilihan lokasi shoot dan semua di filmnya bagus. Bukunya jadi terasa hidup setelah diangkat jadi film. Kalau di urutan kedua dan ketiga aku suka The Hobbit dan Fallen.

  1. Buku thriller yang menurutmu harus dibaca setiap orang?

Murder on Orient Express-nya Agatha Christie.  Ketimbang Agatha aku lebih rekomen Dan Brown. Tapi bagaimanapun oma Agatha Christie dan Arthur Conan Doyle adalah perintis kisah-kisah thriller sampai akhirnya populer. Setiap orang harus baca buku Agatha minimal satu, lalu Dan Brown. Hehehe.  #MaklumPenulisFavorit

  1. Penulis favoritmu, yang dari Indonesia dan luar negeri?

Dari Indonesia, Tere Liye dan Ilana Tan. Luar negeri, Daniel Brown dan Jenny Han. Aku buatin masing-masing sepasang laki-laki dan perempuan ya. .

  1. Buku karya penulis Indonesia yang menurutmu harus diterjemahkan ke bahasa Inggris?

Gadis Penenun Mimpi-nya Gina Gabrielle, Duologi Negeri Para Bedebah-Tere Liye dan Raden Mandasia. Ketiganya punya potensi lebih diapresiasi di luar daripada di dalam negeri. Ditambah lagi masing-masing punya ide cerita yang nggak biasa. Pembaca dunia mesti baca.

  1. Tim Baca 1 Buku Sampai Habis atau Tim Baca Beberapa Buku dalam Sekali Waktu?

Aslinya aku ini pembaca setia, tim 1 Buku Sampai Habis. Sampai sekarang masih seperti itu. Tapi kadang aku menemukan buku yang ternyata nggak aku sukai lalu beralih ke buku lain. Entah itu bisa disebut Tim Baca Beberapa Buku dalam Sekali Waktu atau nggak. Tapi aku mulai meragukan kesetiaanku pada satu buku. LOL.

  1. Favorite quote

“You only get one life. It’s actually your duty to live it as fully as possible.”Me Before You. Buku ini walau alurnya lambat dan adegan yang repetitif tapi eksekusinya berhasil bikin aku terpana dan simpatik sama dua tokoh utamanya yang berakhir tragis.

  1. Book boyfriend

Thorne – The Lunar Chronicles. Thorne menurutku tipikal boyfriend yang nggak ingin terikat tanggung jawab dengan hal semacam cinta, konyol, dan ingin diagungkan sebagai kapten. Thorne muncul di tiga buku tapi paling berkesan di buku keempat. Perasaan cintanya benar-benar diuji disitu. Keren sekali! Khusus untuk Hot boyfriend aku pilih Jai di buku Tiger On My Bed.


bbi-share-the-love

Post ini sekaligus sebagai penutup rangkaian event BBI Share the Love 2017. Senang sekali saya bisa berpartisipasi dalam event ini dan mengakrabkan diri dengan sesama member BBI yang walaupun “pernah tahu” tapi sebelumnya belum pernah ngobrol. Athaya ini seru juga orangnya hehehe. Gara-gara ngobrol dengan Athaya saya jadi pengen kembali coba baca contemporary romance dan fantasy, ya siapa tahu aja ada buku-buku yang bener-bener saya suka kan? Dari beberapa buku yang muncul dalam Book Tag ini, Murder on the Orient Express otomatis masuk dalam daftar wajib-baca saya. Begitu pula dengan buku Raden Mandasia, kayaknya buku ini heboh banget dibicarain dan banyak yang ngasih review bagus. The Lunar Chronicles menarik juga deh, saya beberapa kali baca retelling dongeng dan biasanya suka. Terima kasih atas rekomendasinya, Athaya!

Oya, guest post saya di blog Athaya bisa dibaca di link berikut ini:

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Baca Sastra Klasik

Book Tag with Melmarian

Saya juga sudah menerima kado BBI Share the Love dari Athaya, yang saya posting di bawah ini:

Terima kasih buat BBI, Athaya, dan juga semua pembaca Surgabukuku! Let’s keep sharing the love! ♥ :*

Advertisements

4 thoughts on “Book Tag with Athaya Irfan

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s